Pesawat Lion Air Senggol Tiang

435

Jambicenter.com – Pesawat Lion Air registrasi PK-LGY dengan nomor penerbangan JT-633 rute Bengkulu-Jakarta menyenggol tiang koordinat di depan gerbang ruang VIP Bandara Fatmawati Soekarno, sekira Pukul 18.21 WIB.

Peristiwa ini menyebabkan sayap bagian kiri sayap pesawat rusak. Ratusan penumpang kemudian diturunkan kemabali menuju ruang tunggu.

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) pun langsung melakukan tindakan dengan meng-grounded pesawat dan pilot pesawat tersebut.

“Saat ini pesawat dan pilot telah di-grounded untuk keperluan investigasi,” tegas Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno dalam keterangannya, Rabu (7/11/2018) malam.

Tak hanya itu, pihak Kemenhub pun juga sudah menginstrusikan kepada Kepala Bandara untuk memastikan apakah pesawat tersebut sudah memenuhi kewajihan sesusai dengan standar yang ada.

“Kami telah menginstruksikan kepada Kabandara untuk memastikan maskapai penerbangan memenuhi kewajiban sesuai ketentuan dengan memberikan kompensasi atas keterlambatan penerbangan,” jelas dia.

Kronologi kejadian adalah, sekira Pukul 17.50 WIB, para penumpang mulai memasuki pesawat. Setelah dipastikan seluruh penumpang boarding, pesawat tersebut taxi out dari parkiran bandara menuju runway untuk take off.

Namun, saat ingin keluar dari parkiran 3, terdapat salah satu pesawat yang sedang terparkir tepatnya di depan gerbang VIP room. Di mana di lokasi tersebut terdapat tiang titik kordinat, sehingga saat melintasi areal tersebut bagian sayap langsung menyenggol tiang koordinat.

Akibatnya, tiang koordinat roboh. Begitu juga dengan bagian sayap sebelah kiri pesawat robek dengan ukuran cukup besar. Dampaknya, ratusan penumpang dengan jadwal penerbangan pukul 18.20 WIB tersebut ditunda keberangkatannya. Di mana calon penumpang tersebut di minta untuk kembali ke ruang tunggu bandara Fatmawati – Soekarno.

(qlh)

Facebook Comments
BAGIKAN