Pelayanan Publik Berkualitas Entry Point Menuju Jambi TUNTAS

90
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, Drs. Harmen Rusdi, ME.

JC, Jambi – Peningkatan mutu pelayanan publik adalah keinginan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi. Seiring dengan tema program kerjanya yaitu JAMBI TUNTAS MENUJU GEMASKOP 141 bersinergi.dengan moto pelayanan publiknya CERIA yang merupakan akronim dari ” Cepat, Efisien, Ramah, Ikhlas dan Akuntabel “. Secara bertahap terus berbenah, suasana nyaman, sejuk dan asri memberi nuansa baru bersama misi pembangunan bidang Koperasi dan UKM bersama paradigma baru pula.

Memberi kemudahan dalam layanan adalah komitmen yang bersinergi dengan misi Jambi TUNTAS karena kepuasan publik adalah tujuan dari program ini. Ruang obusment adalah tindakan kongrit untuk pelayanan insan koperasi dan UKM. Demikian juga pajangan estalase yang berfungsi sebagai galeri promosi dan pemasaran produk UKM yang berkualitas produksi anak-anak Jambi. Menyongsong Tahun 2018 adalah momentum awal kita berbuat untuk melayani masyarakat luas. Pelayanan Cepat berbasis efisiensi, ramah, ikhlas dan transparan adalah embrio baru yang ditopang dengan paradigma baru.

Tempat Bagian Informasi.

Pembangunan ruang data yang berfungsi sebagai Bank Data Online Data Sistem adalah jaminan terhimpunnya data Koperasi dan UKM yang valid. Secara metodologi, mustahil akan terwujud perencanaan yang kompehensif, terukur, terprogram, dengan target kinerja yang dilakukan secara multi years. Alhamdulillah, dipertengahan Agustus yang lalu Ruang ODS sudah bisa mengaktifkan kembali Webset yang sejak lama sudah tidak berfungsi lagi. Sebagai pusat informasi yang menarik bagi berbagai pihak tentunya akan kita sajikan informasi menarik, baik melalui portal bidang tekhnis, CD program maupun Media khusus Koperasi dan UKM yaitu Tabloid yang berlogo Type ” GEMASKOP 141 “.

Upaya tersebut merupakan gerakan moral yaitu Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi dengan.jangkauan sebelas Kanupaten/Kota Provinsi Jambi.

Ruang Tunggu dengan Nuansa Baru.

Ini semua sesuai arahan dan petunjuk dari Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, kiranya kedepan bahwa kuantitas bukan lagi menjadi tujuan utama pertumbuhan Koperasi dan UKM di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Kita lebih fokus pada aspek kualitas dan berprestasi. Upaya mewujudkan program ini tentunya tidaklah mudah. Namun kita tetap optimis, bilamana didukung oleh banyak pihak yang berkompeten, baik dukungan langsung maupun tidak langsung karena membangun bidang koperasi dan UKM adalah urusan wajib kita semua, diluar kebutuhan dasar masyarakat.

Belajar dari masa lalu, terbukti hanya sektor koperasi dan UKM yang tetap tegar ketika negeri ini dilanda krisis moneter di tahun 1998. Tentunya kita semua tidak hanya sekedar percaya bahwa sektor koperasi adalah Soko.Gurunya pertumbuhan ekonomi nasional dan sebagai basis terkuat atau tulang punggung pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Jambi. Barang kali tak perlu kita herankan, karena 90% serapan tenaga di Jambi justru tertampung disektor Koperasi dan UKM.

Sementara tercatat di Dinas Koperasi dan UKM saat ini, terdapat sejumlah 98.104 UKM yang tersebar di Kabupaten/Kota. Harapan kita semua, selain jumlah koperasi berkualitas bisa meningkat, maka secara gradual tentunya pembangunan sektor Koperasi dan UKM dapat pula mendorong percepatan program pembangunan Jambi TUNTAS. Semoga…

Oleh: Drs. Harmen Rusdi, ME (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi)

BAGIKAN