Tarif Listrik Berubah 3 Bulan Sekali, Konsumen Bisa Bersiap!

83
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan kembali mengubah aturan baru listrik yang mengikuti mekanisme tarif adjusment.

JC, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan kembali mengubah aturan baru listrik yang mengikuti mekanisme tarif adjusment. Dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (TTL), tarif listrik diatur setiap tiga bulan sekali.

 

Pengamat energi Fabby Tumiwa mengatakan jika penetapan aturan baru tarif listrik setiap tiga bulan sekali ini akan menguntungkan masyarakat. Karena ditetapkan adalah penyesuaian tarif bukan kenaikan tarif.

“Dengan penetapan tiga bulan sekali yang untung konsumen. Karena ini tarif penyesuaian dan tidak pasti naik. Malah dengan tiga bulan sekali konsumen bisa lebih bersiap jika harga naik. Kalau sebulan sekali terlalu cepat berubah harganya. Karena saat tarif penyesuain maka harganya berubah-ubah, naik turun,” ungkapnya kepada Okezone, Sabtu (11/2/2017).

Ia pu menegaskan jika masyarakat harus bisa memahami dulu peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah, bahwa yang ditetapkan adalah tarif penyesuaian dan bukan berarti kenaikan tarif. Jika pun ada kenaikan tergantung dari inflasi dan harga komoditas seperti BBM dan pangan.

“Penyesuaian ini bisa bikin tarif naik atau turun, walaupun naik itu tergantung nilai tukar rupiah, dan harga-harga yang ditetapkan Pemerintah. Intinya asal inflasi tidak tembus 4% maka tarif tidak akan naik. Walaupun naik sangat kecil, sekitar 2%-3% dari tarif dasar,” pungkasnya. (okz/wdi)

Facebook Comments
BAGIKAN