Semua Desa Tahun 2019 di Provinsi Jambi Dialiri Listrik

113

GO-JAMBI, Metro, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemerintah Provinsi Jambi, Ir Gamal Husin, melalui Kepala Bidang Listrik dan Pemanfaatan Energi Dinas ESDM Provinsi Jambi, Masril,ST mengungkapkan, total kebutuhan listrik 148 desa dalam Provinsi Jambi sebesar 100 megawatt, dengan rasio elektrifikasi sebanyak 81,5 persen.

“Artinya, bahwa 80 persen sudah dialiri listrik dari total kebutuhan listrik yang ada, sedangkan sisanya sebanyak 19 persen dari rasio elektrifikasi 81,5 persen. Secara bertahap kita tingkatkan untuk memenuhi kekurangan yang ada,” jelasnya, Jum’at (09/12/).

Dijelaskan Masril, pemerintah daerah Provinsi Jambi, dalam hal ini Dinas ESDM Provinsi Jambi telah melakukan langkah-langkah pemanfataan energi terbarukan diantaranya membangun desa se-Provinsi Jambi yang tidak terjangkau aliran listrik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), dan peningkatan rasio elektrifikasi sebesar 5 persen setiap tahun.

“Untuk desa dalam Provinsi Jambi, yang tidak terjangkau aliran listrik PT PLN, kita akan bangun energi terbarukan sesuai dengan potensi yang ada. Berbagai upaya pembangunan kita lakukan, seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Pembuatan Biogas dengan memanfaatkan kotoran sapi seperti tinja dan urine sapi atau hewan ternak lainnya seperti kerbau, kambing, babi untuk diambil gasnya bagi pemasakan kebutuhan rumah tangga, serta pembangunan transmisi jaringan listrik tenaga menengah dan tenaga rendah oleh PT PLN (Persero)”.  (Afrizal)

Facebook Comments
BAGIKAN